8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja

Photo of author

Ditulis oleh Ichsan Said

An avid learner constantly seeking knowledge. Currently freelancing at Zeka Digital as SEO Content Writer. Enjoying writing, reading and exercising. Interesting in new things that aid in developing personal skills and abilities.

SMK jurusan akuntansi ternyata memiliki banyak peminat. Hal ini tentunya menunjukan akan kualitas dan jenjang karir yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, jurusan akuntansi telah menjadi jurusan yang sering dibutuhkan oleh perusahaan.   

Tidak heran, bila jurusan akuntansi menjadi jurusan favorit. Melihat akan hal ini, telah banyak SMK di Jogja yang membuka jurusan akuntansi. Tidak tanggung-tanggung akreditasi jurusan akuntansi di setiap SMK sudah mendapatkan predikat baik (A).

Nah, bila Sedulur Yogyaku sedang mencari SMK jurusan akuntansi terbaik di Jogja ada beberapa pilihannya. Mana saja SMK tersebut? Simak ulasannya!

Jurusan Akuntansi, Apa Saja Keunggulannya?

Menjadi favorit banyak pelajar, sudah tentu ada banyak unggulan jurusan akuntansi. Dari unggulan tersebut, menjadikan jurusan SMK yang paling diminati. Jadi, tidak salah bila memiliki minat di bidang keuangan memilih jurusan akuntansi.

Lantas, apa saja keunggulan jurusan akuntansi? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Memiliki prospek jenjang karir yang bagus.
  • Banyak dibutuhkan perusahaan dan industri.
  • Mempunyai skill keuangan profesional.
  • Melatih logika berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah.
  • Membantu mempermudah pengelolaan keuangan.
  • Melatih disiplin dan tanggung jawab.
  • Pekerjaan dengan gaji yang cukup menjanjikan.

Dari beberapa keunggulan di atas, tentu membuat para pelajar yang ingin masuk SMK jurusan akuntansi semakin tertarik. Terlebih, keunggulan dari jurusan satu ini memiliki jenjang karir yang bagus. Serta, gaji yang cukup menjanjikan untuk setiap jenjang jabatannya.

SMK Jurusan Akuntansi Terbaik Jogja yang Bisa Menjadi Pilihan

Banyaknya SMK jurusan akuntansi yang ada di Jogja, tak jarang membuat Sedulur Yogyaku bingung memilihnya. Apalagi, setiap SMK telah memiliki jurusan akuntansi dengan akreditasi baik. 

Namun, tak perlu bingung dalam memilih, karena ada beberapa rekomendasi SMK yang bisa menjadi pilihan terbaik. SMK tersebut diantaranya:

1. SMK Negeri 1 Yogyakarta

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK Negeri 1 Yogyakarta, Sumber: Googleusercontent.com

Tidak hanya menjadi SMK terbaik di Jogja, jurusan akuntansi yang ada di SMK Negeri 1 Yogyakarta cukup favorit. Tidak heran, bila jurusan akuntansi memiliki jumlah siswa yang lebih banyak. Karena di sekolah ini juga memiliki jurusan lain, yaitu Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Mata pelajaran yang disediakan pun sudah hampir sama dengan yang ada di perkuliahan. Mulai dari mata pelajaran dasar hingga kompetensi keahlian akuntansi. Dengan sistem pembelajaran seperti ini, diharapkan lulusan SMK Negeri 1 Yogyakarta dapat menjadi tenaga akuntan profesional di bidangnya.

  • Alamat: Jl. Kemetiran Kidul No.35, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Telepon: (0274 ) 512148
  • Website: smkn1yogya.sch.id

2. SMK Negeri 1 Godean

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK Negeri 1 Godean, Sumber: Googleusercontent.com

Tidak jauh dari pusat kota Jogja di bagian barat, ada SMK Negeri 1 Godean. SMK yang bisa menjadi pilihan bagi Sedulur Yogyaku yang tinggal tidak jauh dari Godean. Salah satu jurusan favorit seperti akuntansi tersedia di sekolah ini.

Disamping itu, fasilitas penunjang pembelajaran cukup lengkap. Mulai dari komputer hingga software akuntansi yang sering dibutuhkan untuk mengelola keuangan. Tidak salah bila SMK Negeri 1 Godean juga diminati pelajar yang ingin masuk jurusan akuntansi.

  • Alamat: Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 
  • Telepon: (0274) 798274
  • Website: smkn1godean.sch.id

3. SMK BOPKRI 1 Yogyakarta

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK BOPKRI 1 Yogyakarta, Sumber: Googleusercontent.com

Lokasi dari SMK BOPKRI 1 Yogyakarta berdekatan dengan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Di SMK ini juga tersedia jurusan akuntansi yang siap mendidik para siswa menjadi akuntan profesional.

Hal ini terlihat dari kurikulum pembelajaran dan fasilitas yang disediakan. Tidak heran, bila banyak yang memilih jurusan akuntansi SMK BOPKRI 1 Yogyakarta. Sekolah ini bisa dipertimbangkan bila memiliki minat dan ingin berkarir di bidang akuntansi.

  • Alamat: Jl. Cik Di Tiro No.37, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Telepon: (0274) 523567
  • Website: smkbosa.sch.id

4. SMK Negeri 7 Yogyakarta

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK Negeri 7 Yogyakarta, Sumber: Googleusercontent.com

Tidak hanya belajar akuntansi di sekolah, SMK Negeri 7 Yogyakarta juga turut aktif dalam perlombaan. Salah satu diantara perlombaan yang diikuti adalah di bidang akuntansi. Para siswa terbaik dipilih mewakili sekolah untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Bila suka dengan perlombaan, SMK Negeri 7 Yogyakarta bisa dipertimbangkan. Karena dari sekolah senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Tidak hanya dari fasilitas, tetapi juga diwadahi pembinaan bagi siswa yang ingin ikut perlombaan.

  • Alamat: Jalan Gowongan Kidul Blok JT3 No.416, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Telepon: (0274) 512403
  • Website: smkn7jogja.sch.id

5. SMK Koperasi Yogyakarta

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK Koperasi Yogyakarta, Sumber: Googleusercontent.com

Jurusan akuntansi di SMK Koperasi Yogyakarta sudah terakreditasi baik (A). Pelayanan dan fasilitas sekolah pun sudah cukup memadai. Hal ini membuat siswa dapat dengan mudah belajar akuntansi.

Tidak hanya itu, tenaga pengajar di SMK Koperasi Yogyakarta juga telah profesional di bidangnya. Dengan begitu, transfer ilmu dari guru dan siswa dapat lebih maksimal. Untuk mempersiapkan lulusan akuntansi yang handal di bidang konsentrasinya.

  • Alamat: Jl. Kapas I No.5, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Telepon: (0274) 589651
  • Website: smk-koperasi.sch.id

6. SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Sumber: Googleusercontent.com

Tidak salah bila SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta menjadi salah satu SMK swasta terbaik di Jogja. Hal ini terbukti dengan akreditasi, pelayanan, dan fasilitas yang tersedia. Dimana, semuanya diperuntukkan untuk memudahkan akses siswa dalam pembelajaran.

Dari banyaknya jurusan yang tersedia, jurusan akuntansi juga menjadi favorit. Telah banyak lulusannya yang telah berkarir di perusahaan dan industri. Karena daya serap tenaga pekerjaan jurusan akuntansi selalu dibutuhkan. SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta selalu menyiapkan lulusan terbaiknya.

  • Alamat: Jl. Nitikan Baru No.48, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Telepon: (0274) 370850
  • Website: smk-koperasi.sch.id 

7. SMK PIRI 3 Yogyakarta

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK PIRI 3 Yogyakarta, Sumber: Googleusercontent.com

Dari banyaknya SMK negeri, SMK PIRI 3 Yogyakarta juga bisa menjadi pilihan untuk dipertimbangkan. Pasalnya, sekolah ini telah menyediakan jurusan akuntansi dengan akreditasi baik (A). Fasilitas pembelajaran yang disediakan pun sudah cukup lengkap.

Ditambah dengan mata pelajaran yang telah disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran akuntansi. Hal ini membuat para siswa menjadi lebih mudah dalam memahami pembelajaran. Inilah yang menjadi fokus SMK PIRI 3 Yogyakarta untuk menyiapkan lulusan akuntansi yang terampil. 

  • Alamat: Jl. MT. Haryono No.23, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Telepon: (0274) 378453
  • Website: smkpiri3yk.sch.id 

8. SMK YPKK 1 Sleman

8 Rekomendasi SMK Jurusan Akuntansi Terbaik di Jogja
SMK YPKK 1 Sleman, Sumber: Googleusercontent.com

Jurusan akuntansi di SMK YPKK 1 Sleman juga bisa menjadi pilihan. Terutama, bagi Sedulur Yogyaku yang tinggal di daerah Sleman dekat Ringroad Barat. Karena pelayanan dan fasilitas yang diberikan sudah sangat memadai.

Tenaga pengajarnya pun telah ahli di bidang akuntansi. Hal ini tentunya akan memudahkan dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, para siswa nantinya bisa menjadi lulusan yang berkompeten di bidang akuntansi.

  • Alamat: Jl. Sidoarum-Gamping No.2, Mejing Wetan, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Telepon: (0274) 798806
  • Website: smkypkk1gamping.sch.id  

Dari rekomendasi SMK jurusan akuntansi terbaik di Jogja, mana yang menjadi pilihan Sedulur Yogyaku? Pasti semuanya menjadi pilihan terbaik untuk dipertimbangkan. Agar mudah dalam menentukan, tinggal sesuaikan saja dengan jarak rumah dan fasilitas yang disediakan.