Taman di Yogyakarta Yang Sering Dijadikan Destinasi Wisata

Yogjakarta akan selalu jadi candu bagi siapapun yang pernah datang bertamu. Tidak hanya keramahan warganya, semua sudut kotanya pun seakan menanti untuk sering dikunjungi. Kota yang disebut Kota Pelajar ini terbagi menjadi 5 kabupaten. Masing-masing kabupaten mempunyai potensi wisata unggulan yang bervariasi. Mulai dari ujung gunung hingga ke pinggir pantai, segala destinasi taman di yogyakarta bisa Anda pilih sesuai suasana hati.

Berbeda dengan pantai dan candi yang banyak didatangi oleh para wisatawan seperti lava tour merapi maupun pantai, ulasan kali ini akan memilihkan jenis wisata yang bisa Anda nikmati dengan tenang jauh dari kesan ramai. Bagi penyuka keindahan pemandangan alam menawan lengkap dengan semilir angin dan teduhnya rerimbunan pepohonan, berikut rekomendasi wisata taman di Jogja yang patut Anda kunjungi.

Selain itu bagi anda penduduk daerah yogyakarta destinsasi wisata taman ini juga bisa sekaligus menambaha wawasan anda tentang betapa kayanya daerah anda. Sebagai tambahan sebaiknya bagi yang masih belajar mengemui mobil manual baiknya diperlancar karena ada beberapa daerah yang memiliki medan terjal selama di perjalanan

Destinasi Wisata Taman di Yogyakarta

Selain terkenal dengan tradisi budaya yang begitu kental, Kota Yogyakarta juga memiliki segudang keunggulan di bidang pariwisata. Jogja juga terkenal memiliki banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi. Tak hanya itu, Kota Jogja juga memiliki sederet taman mempesona yang cocok untuk dijadikan tempat refreshing penghilang penat. Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Taman Bunga Nawari

Taman pertama yang bisa Anda kunjungi, yaitu Taman Bunga Nawari. Daya pikat yang dimiliki taman ini terletak pada hamparan bunga mataharinya yang begitu cerah. Selain itu, tempat satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berburu foto. Pasalnya, pengelola taman menyiapkan beberapa kimono dan pakaian adat Jawa yang bisa Anda sewa untuk berfoto-foto ria. Menjadikan kegiatan foto-foto Anda semakin menyenangkan.

Taman yang berada di kawasan Gunungkidul ini, memiliki akses yang sudah cukup bagus dan mudah untuk dijangkau. Meskipun saat semakin dekat dengan lokasi, Anda akan menemukan jalanan yang naik turun. Namun panorama khas pedesaan yang sejuk akan memanjakan mata anda. Terlebih lagi, Anda akan disambut oleh banyak warga desa yang ramah begitu Anda datang.

Anda cukup kunjungi Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul. karena disanalah lokasi taman ini berada.

Taman bunga nawari Sumber: https://travel.tempo.co/

2. Taman Wisata Kaliurang

Di Kabupaten Sleman, Kaliurang adalah tempat yang tepat untuk memanjakan mata wisatawan karena udaranya yang sejuk serta pemandangan alamnya yang memikat. Tersebar menjadi tiga lokasi yang berdekatan di selatan kaki Gunung Merapi, kompleks Kaliurang menawarkan beberapa sensasi berbeda pada wisatawan. Tentu saja Anda bisa mengunjungi ketiga-tiganya sekaligus.

Lokasi utama adalah Taman Wisata Kaliurang, dimana beberapa wahana permainan anak menghiasi tempat yang ditumbuhi pohon-pohon langka khas habitat hutan Merapi. Lokasi kedua adalah kawasan hutan lindung Tlogo Putri. Hutan lindung ini selain ditujukan untuk melindungi pohon langka juga supaya habitat elang Jawa tidak di ujung kepunahan. Gardu Pandang adalah lokasi terakhir yang bisa dinikmati jika Anda memilih untuk menyepi sembari menikmati Gunung Merapi dari kejauhan.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Bengkel Las Jogja Berpengalaman

3. Taman Bunga Amarilis

Masih seputar bunga, taman satu ini juga memiliki hamparan bunga yang indah. Bunga yang ditanam yaitu bunga Amarilis. Bunga tersebut dulunya dianggap sebagai Gulma. Namun, di tangan orang-orang yang kreatif bunga ini kemudian disulap menjadi taman yang cantik. Sayangnya, bunga-bunga cantik ini tidak tumbuh sepanjang tahun dan hanya mekar selama 1 hingga 2 minggu. Jadi, pastikan Anda kemari ketika bunga Amarilis ini sedang bermekaran.

Taman bunga Amarilis telah dilengkapi dengan jalan setapak yang sangat membantu akses pengunjung agar lebih dekat dengan bunga. Jadi Anda bisa foto-foto dengan berbagai angle yang Anda inginkan. Tempatnya pun dibentuk sedemikian rupa dan tidak monoton seperti sawah. Sehingga Anda tidak akan bosan menikmati destinasi wisata satu ini. Taman ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melepaskan penat.

taman di yogyakarta
Taman bunga amarilis Sumber: https://jogjapolitan.harianjogja.com/

4. Kaliadem


Terletak di sisi lain kaki Gunung Merapi, Kaliadem memberikan bukti betapa dasyatnya letusan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sepanjang jalan Anda akan disuguhi asrinya pemandangan alam. Suasananya sangat tenang dan damai. Sama sekali tidak pernah terlihat bahwa daerah ini pernah porak poranda akibat terjangan abu vulkanik.

Foto-foto penampakan keadaan Kaliadem setelah terkena semburan awan panas terdapat di bunker yang kini dijadikan semacam museum. Masih di area Kaliadem, terdapat beberapa spot mengambil gambar yang sering dijadikan lokasi prewedding photoshoot dengan latar belakang Gunung Merapi.

5. Taman Bunga Asri

Taman bunga memang menjadi wisata favorit bagi kebanyakan orang. Satu lagi taman bunga yang bisa Anda temukan di Jogja, yaitu Taman Bunga Asri. Taman Bunga Asri menonjolkan daya tarik dari bunga Celosia yang ditanam dengan konsep flower farm. Taman satu ini nampak menawan dengan pesona warna warni hamparan bunga Celosia. Anda dibebaskan berfoto di tengah-tengah padang bunga, namun ingat untuk tidak memetik bunga-bunga indah tersebut.

6. Kali Kuning

Merupakan daerah aliran lahar dingin, pemandangan Kali Kuning kontras menyatukan jalanan terjal berbatu abu-abu dengan hijaunya pohon pinus di perbukitan. Lokasinya dekat dengan Kaliadem, yaitu di sebelah timur lereng gunung Merapi. Kesegaran udara yang masih bersih, gemericik air sungai, serta pemandangan nan hijau membentang dijamin mampu membuat lupa segala kepenatan yang melanda.

Ada beberapa cara untuk menikmati wisata alam di tempat ini. Bagi para pejuang introvert yang ingin menikmati pemandangan dalam diam, silakan berswafoto di banyak sudut foto buatan nan indah. Namun untuk sang extrovert yang ingin memacu andrenalin, menaiki jeep off road di sungai berbatu-batu adalah sebuah pilihan lain.

Baca Juga : 7+ Hotel Dengan Pemandangan Alam di Yogyakarta

7. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan hamparan padang pasir nan luas seperti di Timur Tengah. Di sini Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan aktivitas fisik yang seru, yaitu sandboarding. Tapi tahukah Anda di tengah Gumuk Pasir ini terdapat sebuah taman? Di sana terdapat sebuah taman yang dibentuk menyerupai bentuk hati. Sehingga tampak unik ketika di foto dari ketinggian atau dari kejauhan. Taman diatas padang pasir hitam ini sering kali digunakan untuk foto prewedding.

Walau hanya taman berbentuk hati, dan bunganya tidak terlalu banyak. Kawasan taman ini tetap sejuk karena tidak jauh dari pantai Parangkusumo. Hembusan angin pantai akan terasa menyejukkan anda, ketika asyik berfoto-foto di taman tersebut. Dengan datang kesini, Anda dapat menikmati banyak hal sekaligus. Yaitu indahnya pantai Parangkusumo, sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, serta menikmati taman yang berada di dalamnya.

taman di yogyakarta
Taman gumuk pasir Sumber: https://www.republika.co.id/

8. Taman Hutan Rakyat

Tahura ini biasa disebut Hutan Bunder oleh masyarakat di Kabupaten Gunung Kidul ini. Hutan yang awalnya digunakan untuk penelitian keanekaragaman hayati, akhirnya digunakan untuk umum sebagai taman wisata. Selain banyaknya pohon pinus dan jati, keistimewaan Tahura Bunder adalah adanya pohon kayu putih yang wangi. Anda pun bisa sekalian berkunjung ke pabrik kayu putih tertua di Jogja.

Suasana hutan yang teduh dengan semburat sinar matahari tipis melewati sela-sela pohon yang menjulang tinggi, menjadikan banyak pengunjung mengabadikan moment spesialnya di hutan ini. Anda nantinya akan sering berpapasan dengan rombongan orang yang mengadakan pemotretan berkonsep. Jika beruntung, Anda pun akan menjumpai rusa hasil konservasi dan penangkaran, yang berlari bebas tanpa takut ditangkap.

9. Selfie Park Taman Pule

Lokasinya yang berada di pusat kota membuat tempat satu ini mudah untuk dikunjungi. Selfie Park Taman Pule merupakan salah satu spot selfie corner yang tepatnya berada di XT Square Umbulharjo. Area ini menawarkan berbagai macam spot untuk latar foto Anda agar semakin kece. Wisata ini juga sering dijadikan alternatif bagi para wisatawan yang tidak sempat pergi berwisata ke daerah bantul.

Taman yang memiliki luas kurang lebih 1088 meter persegi ini diberi nama Pule, karena pohon Pule yang memang sudah berada di area XT Square sejak dahulu kala. Selain itu pohon Pule juga terkenal kokoh, awet, dan rindang, harapannya taman ini bisa menjadi seperti pohon Pule tersebut. Selfie Park Taman Pule terlihat seperti hutan alami, dengan banyak pohon Pule yang tumbuh di sekitarnya.

taman di yogyakarta
Selfie park taman pule Sumber: https://raskitatrans.com/

10. Taman Wisata Kalibiru

Taman Nasional Kalibiru yang terletak di ketinggian 450 dpl ini menyajikan pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit. Melewati jajaran perbukitan Menoreh, paru-paru Anda akan segera terisi penuh dengan udara segar yang berhembus di sepanjang jalan meliuk-meliuk.

Kalibiru yang dibangun dari swasembada masyarakat sekitar, memang sangat pas untuk menjadi target wisata para penyuka fotografi alam di Jogjakarta. Pengelola juga membangun spot foto yang tidak sedikit di ketinggian, supaya pengunjung bisa puas berswafoto sambil mengagumi keindahan kawasan berjejuluk Jewel of Java. Jika cuaca mendukung, Anda beruntung bisa melihat laut Selatan di ujung cakrawala.

Itulah wisata taman yang tersedia di daerah yogyakarta yang dapat anda kunjungi. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat membaca dan Terimakasih.