4 Tempat Wisata Jogja Ramai Hingga Malam

Waktu berjalan begitu cepat ketika sedang berwisata ke tempat yang jauh. Menghabiskan waktu malam di penginapan juga rasanya sangat sia-sia. Sekarang juga banyak orang suka main di malam hari. Untuk membantu Anda yang ingin berlibur ke Jogja, Artikel ini akan membahas 4 wisata Jogja ramai bahkan hingga malam hari.

Jika seharian Anda sudah seru-seruan menghabiskan waktu dengan berwisata alam seperti di River Tubing di Karts Sedayu atau mengunjungi pantai sepanjang, saatnya malam hari menikmati malam indah di Jogja.

Kini tidak hanya Jakarta yang bisa menyandang nama “city that never sleep”. Di era modern ini, tuntutan dan gaya hidup yang serba cepat dan taktis membuat kota – kota besar di Indonesia seolah aktif 24 jam setiap harinya, termasuk Jogja.

Sebagai Kota Pariwisata, Kota Gudeg tidak hanya menghadirkan obyek wisata yang menarik dikunjungi saat pagi dan siang hari, namun juga cocok dikunjungi saat malam hari. Jogja menawarkan keindahan panorama yang tidak pernah habis. Bahkan rasanya destinasi baru selalu ada tiap tahunnya.

Tidak hanya siap dikunjungi siang hari saja, tapi juga malam pun Jogja tetap terasa menyenangkan dan syahdu. Sebagian orang justru lebih suka berwisata saat malam hari. Selain karena lepas dari jam kerja (untuk warga asli Jogja dan sekitarnya), kepadatan lalu lintas jalanan juga dirasa lebih lengang sehingga untuk berpergian terasa nyaman. 

Banyak tempat wisata di Jogja yang buka sampai malam hari, bahkan beberapa memang dibuka setelah petang karena ingin menawarkan suasana malam yang romantis. Berikut adalah ulasan 4 tempat wisata Jogja ramai hingga malam yang paling direkomendasikan untuk Anda.

4 Tempat Wisata Jogja Ramai Hingga Malam Hari.

Mungkin Anda bosan bermain menghabiskan malam di coffeshop atau jalan-jalan di mall. Anda mungkin juga sudah bosan dengan suasana malam Malioboro. 4 tempat wisata Jogja ramai berikut mungkin akan jadi destinasi baru untuk Anda.

1. Alun – Alun Kota Jogjakarta

Alun – alun selalu jadi destinasi favorit para pelancong ketika sedang berwisata ke suatu tempat terutama di Jogja. Di Jogja sendiri, kawasan terbuka hijau tersebut letaknya sangat berdekatan dengan Keraton Yogyakarta, kediaman Sri Sultan Hamengku Buwono X dan keluarga.

Sebenarnya, alun – alun Jogja terbagi ke dalam ke dalam dua bagian, yakni Alun – Alun Utara atau biasa dikenal juga dengan Alun – Alun Lor yang berada di depan Keraton Jogjakarta. Dan Alun – Alun Selatan atau dikenal juga dengan Alun – Alun Kidul yang berada di bagian belakang Keraton Jogjakarta.

4 Tempat Wisata Jogja Ramai Hingga Malam
Malam hari di alun-alun Jogja. Sumber : ig/@iniyogyakarta

Mulanya, Alun – Alun Kidul digunakan sebagai lokasi setonan (latihan berkuda), manahan (memanah), dan masangin (latihan konsentrasi dengan berjalan lurus di antara dua pohon beringin yang ada di tengah lapangan). Kini, Alun – Alun Kidul sudah menjadi bagian dari fasilitas umum yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat yang datang dari segala penjuru arah.

Diantara banyak aktivitas yang bisa anda lakukan disini ialah masangin, berburu foto, naik andong, mengendarai odong – odong hingga menikmati aneka sajian kuliner khas Kota Jogja. Alun – Alun Kidul malam hari akan dipenuhi dengan para pedagang angkringan yang menjajakan berbagai makanan lezat dan minuman pelepas dahaga dengan harga pas yang di dompet.

Mulai dari makanan ringan, wedang (minuman) hangat, hingga makanan berat yang buat perut kenyang dan aneka olahan es yang menyegarkan. Semuanya dapat Anda nikmati hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 20.000.

Jika Anda belum puas mencoba kuliner khas Jogja dapat mengunjungi beberapa tempat ini.

2. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monjali letaknya berada di Jalan Pajajaran ( Ring Road Utara), Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jogjakarta. Buka mulai pukul 4.30 sore dan tutup pada pukul 11 malam Waktu Indonesia Barat, Taman Pelangi Monjali merupakan sarana rekreasi yang cocok dikunjungi saat malam hari.

Jika Alun – Alun Jogjakarta sarat akan wisata kulinernya, maka obyek wisata yang satu ini menawarkan Anda wisata selfie yang mengagumkan. Menampilkan kerlap – kerlip lampu lampion yang berwarna warni dan membuatnya nampak seperti pelangi dari kejauhan, taman ini menawarkan banyak spot dan wahana yang menarik untuk dijelajahi.

Ada sekitar 20 jenis permainan dan 25 stand makanan dan minuman yang memenuhi area taman. Beberapa wahana permainan yang bisa anda coba ketika bertandang ke taman ini diantaranya wahana Trampolin, Boom Boom Car, Becak Mini, Tandem, Junior Jet, Auro Bungee, ATV, Battery Car, Bola Air, dan Speed Boat.

Untuk memasuki kawasan taman, anda perlu membeli tiket masuk seharga kurang lebih Rp. 15.000 untuk anak – anak dan seharga kurang lebih Rp. 20.000 untuk orang dewasa.

3. Heha Sky View

Ketika berkunjung ke Yogyakarta, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Heha Sky View yang memiliki wahana wisata keren. Tempat wisata ini memiliki konsep utama yang menawarkan keindahan alam Jogja dari ketinggian, para wisatawan dapat menikmati keindahan sunset dan gemerlap lampu kota yang sangat indah.

Fakta unik dari penamaan Heha sendiri berasal dari gabungan nama dua ownernya yaitu Herry Zudianto dan Handoyo Mawardi. Lokasinya dekat dengan bukit bintang Gunung Kidul yang dibangun sejak tahun 2018 dengan konsep perpaduan tempat makan dengan latar belakang pemandangan alam di kawasan perkotaan, tetapi lokasinya di ketinggian.

4 Tempat Wisata Jogja Ramai Hingga Malam
Malam hari di Heha Sky View. Sumber : ig/@jogjaviral

Lokasi Heha Sky view terletak di Jalan Dlingo Patuk nomor 2, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai tempat wisata baru yang sedang hits dikalangan anak muda, soal fasilitas tak perlu diragukan, Heha Sky view memiliki fasilitas yang lengkap sehingga membuat para wisatawan betah saat mengunjunginya.

4. Bukit Bintang

Sedang liburan ke Jogja ? Suka wisata malam dan ingin nongkrong ke tempat yang sedang hits? Jawabannya ya bukit bintang. Tempatnya asik dan pemandangannya ciamik. Bukit bintang adalah salah satu wisata jogja, bisa dibilang tempat untuk santai yang berada di perbatasan antara Bantul dan gunung kidul.

Lokasi tepatnya berada di pinggir jalan jogja-wonosari, sekitar 1 jam perjalanan dari Malioboro. Diatas lereng bukit dibangun warung-warung dan cafe yang menghadap langsung ke arah kota jogja. Siap menyambut wisatawan yang ingin menikmati suasana di bukit bintang.

Malam hari di bukit bintang
Malam hari di bukit bintang. Sumber : ig/@jogjascenery

Tidak ada biaya masuk ke area wisata ini, cukup membayar uang parkir saja. Jika Anda datang kesini siang atau sore hari Anda tidak akan melihat bintangnya, namun Anda akan disuguhi pemandangan kota jogja dengan jelas, bahkan Anda bisa melihat gagahnya gunung merapi dan candi prambanan dari kejauhan.

Dan di malam harinya sembari melihat bintang di langit Anda juga bisa melihat kelap kelip lampu jalanan serta kendaraan yang lalu lalang di bawah bukit yang sama indahnya seperti bintang dilangit. Yang bahkan saat hujan turun pun bintang ini tidak hilang dari pandangan.

Nah, itulah 4 tempat wisata Jogja yang ramai hingga malam. Nikmati langit petang Jogja dan temukan pengalaman baru didalamnya. Tak perlu bingung cari tempat menginap setelah semalaman nongkrong karena penginapan murah 24 jam ada banyak di Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan kunjungi website kami untuk artikel menarik lainnya.[]

Tinggalkan komentar