Tour de Ambarrukmo 2024 Kembali Hadir, Jangan Sampai Kelewatan!

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Memasuki pertengahan tahun 2024, beberapa event organizer Jogja yang cukup besar memang sudah menyiapkan event atau perhelatan yang cukup meriah. Salah satunya adalah Tour de Ambarrukmo. 

Bagi yang masih asing dengan nama event yang satu ini, Tour de Ambarrukmo merupakan ajang olahraga besar khususnya untuk pesepeda. Benar sekali, event ini adalah tempat berkumpulnya pegiat olahraga sepeda, baik yang sudah professional maupun yang masih amatir.

Jika Sedulur Yogyaku termasuk salah satu diantaranya dan ingin meramaikan event ini, yuk simak informasinya berikut ini.

Tour de Ambarrukmo, Wadah Berkumpulnya Pegiat Olahraga Sepeda 

Event Tour de Ambarrukmo, Sumber: mediaindonesia.com
Event Tour de Ambarrukmo, Sumber: mediaindonesia.com

Bagi pegiat olahraga bersepeda, tentu tidak asing lagi dengan event yang satu ini. Ya, Tour de Ambarrukmo merupakan salah satu event bersepeda terbesar yang akan diselenggarakan tahun ini, terutama di Jogja.

Seperti namanya, Tour de Ambarrukmo merupakan event yang diprakarsai oleh Ambarrukmo Group, salah satu raksasa bisnis yang ada di Yogyakarta. Event ini juga merupakan event tahunan, meski sempat absen pada tahun tertentu.

Saat ini, setidaknya sudah ada 1.000 calon peserta yang mendaftarkan diri. Sebuah jumlah fantastis yang akan memberikan pengalaman bukan hanya bagi peserta, namun juga bagi para penontonnya.

Pagelaran tour bersepeda memang bukanlah acara yang pertama kali diadakan, baik di luar negeri maupun di Indonesia. Namun, tentu saja Tour de Ambarrukmo memiliki beberapa keunikan yang sulit ditemukan pada event lainnya.

Salah satu alasan utamanya tentu karena misi besar dari pagelaran ini adalah mengangkat pesona wisata yang ada di Jogja dan sekitarnya. Itu artinya, event ini bukan hanya  sekadar ajang pembuktian siapa yang paling kuat fisiknya, namun juga menampilkan keindahan dan panorama di sepanjang jalur yang akan dilewati.

Tour de Ambarrukmo 2024 sendiri akan memulai perjalanannya dari Pendopo Agung Ambarrukmo, dan titik finishnya berada di tempat yang sama. Rute yang dipilih tentu merupakan rute terbaik, dimana nantinya akan melewati kawasan Kulon Progo, Tempel, sampai Candi Prambanan yang terkenal sebagai salah satu tempat instagramable di Jogja.

Untuk Tour de Ambarrukmo 2024 ini nantinya akan menempuh jarak sekitar 128 km hingga 145 km. Perbedaan jarak tersebut sesuai dengan kategori peserta yang mengikutinya.

Keunikan lain dari pagelaran ini adalah peserta dibagi menjadi beberapa rentang usia, sehingga setiap kalangan yang berminat bisa mengikutinya. Tidak peduli apakah peserta tersebut merupakan professional ataupun amatir.

Tanggal dan Tempat Pelaksanaan Tour de Ambarrukmo

Pendopo Agung Ambarrukmo, Sumber: tstatic.net
Pendopo Agung Ambarrukmo, Sumber: tstatic.net

Setelah sedikit lebih mengenal event yang satu ini, tidak heran rasnaya jika rasa ingin berpartisipasi sebagai peserta atau sekadar ingin menonton menjadi lebih besar. Untuk pelaksanaannya sendiri, Tour de Ambarrukmo akan digelar pada 27 Juli 2024.

Untuk tempatnya, seperti yang sudah disebutkan tadi race akan dimulai dan berakhir di Pendopo Agung Ambarrukmo. Dimana alamat lengkapnya berada di Jalan Laksda Adisucipto No. 62, Ambarrukmo, Caturtunggal Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Karena akan melewati rute yang cukup panjang, maka bagi Sedulur Yogyaku yang merasa cukup jauh dengan lokasi tersebut bisa mendatangi rute yang terdekat dari rumah saja.

Pendaftaran Tour de Ambarrukmo 2024, Kapan?

Waktu pendaftaran Tour De Ambarrukmo, Sumber: facebook.com
Waktu pendaftaran Tour De Ambarrukmo, Sumber: facebook.com

Untuk pendaftarannya sendiri, sebenarnya registrasi Tour de Ambarrukmo  2024 sudah dibuka sejak 6 Februari 2024 yang lalu, dimana saat ini sudah ada lebih dari 1.000 orang yang mendaftar. 

Tidak hanya berasal dari Yogyakarta, namun peserta yang mendaftar juga berasal dari kota-kota lainnya, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan lain sebagainya.

Jika Sedulur Yogyaku merasa tertarik untuk mengikuti Tour de Ambarrukmo sebagai peserta, maka bisa coba mendaftarkan diri melalui aplikasi A+. Caranya pun tidak sulit, cukup ikuti saja langkah-langkah yang sudah disiapkan sebelumnya.

Tips Mengikuti Tur Bersepeda Bagi Pemula 

Tips mengikuti tour bersepeda, Sumber: getlost.id
Tips mengikuti tour bersepeda, Sumber: getlost.id

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Tour de Ambarrukmo 2024 ini akan diikuti oleh kalangan professional hingga amatir. Bagi yang baru saja ingin mengikuti acara semacam ini, tentu ada banyak sekali hal yang dipersiapkan.

Nah, berikut beberapa tips dan persiapan yang bisa coba untuk dilakukan demi kelancaran tur.

1. Siapkan Dulu Fisik dan Mental

Olahraga jenis apapun tentu membutuhkan fisik dan mental yang baik, terutama tur bersepeda yang akan menempuh jarak cukup jauh. Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan latihan secara rutin dan reguler.

2. Memastikan Kondisi Sepeda

Setelah memastikan fisik dan mental pengemudinya dalam keadaan baik, hal selanjutnya yang juga harus dilakukan tentu mengecek kondisi sepedanya. Jika tidak merasa yakin, bawalah sepeda ke bengkel yang berpengalaman untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

3. Mengecek dan Memahami Rute yang Akan Ditempuh

Elemen lain yang juga sangat penting ketika akan tur adalah memahami rute yang harus dilewati terlebih dahulu. Jika berasal dari luar kota, sebaiknya datanglah lebih awal untuk setidaknya melihat-lihat jalanan akan dilewati nantinya.

Itulah informasi lengkap tentang Tour de Ambarrukmo, salah satu helatan akbar bagi olahraga bersepeda yang tidak lama lagi akan segera digelar. Karena menggaet banyak pihak, jangan heran jika nantinya acara ini akan berlangsung sangat meriah.

Bukan hanya sekadar event olahraga, acara semacam ini ternyata juga memberikan dampak positif bagi daerah yang melaksanakannya. Itulah mengapa dukungan dari warga setempat juga sangat dibutuhkan dan dihargai.

Nah, bagi Sedulur Yogyaku yang sedang mencari informasi berkaitan dengan event lainnya, maka bisa langsung mencarinya di laman utama Yogyaku. Yuk ikutan eventnya!