10 Wisata Outbound Jogja Seru Sekaligus Mengedukasi

Terdapat banyak sekali wisata outbound Jogja yang nyaman dan bisa ditemukan di kota ini. Apalagi mengingat kota Jogja dikenal sebagai kota pelajar, maka tidak heran jika Jogja bisa dijadikan tempat outbound di tempat-tempat yang hampir terpencil.

Kebutuhan akan soft skill yang semakin meningkat mengharuskan setiap instansi, baik itu instansi pendidikan, perusahaan, dan lain sebagainya, membutuhkan kegiatan outbound sebagai sarana pelatihan. Kegiatan outbound tidak hanya cocok untuk mengasah soft skill, sekaligus juga mengurangi kepenatan dan refreshing.

Kegiatan ini sangat diharapkan oleh para karyawan, terutama mereka yang paham dengan tujuan pekerjaannya. Dengan meluangkan waktu untuk outbound bersama teman kantor, Akan menciptakan suasana bersahabat dan membangun keakraban dengan rekan kerja.

Selain teman kantor, outbound dan mencicipi kuliner khas Jogja bersama keluarga di akhir pekan atau hari libur juga bisa dilakukan untuk mempererat rasa kekeluargaan.

10 Wisata Outbound Jogja

Di Jogja ada tempat seru untuk kegiatan outbound. berikut Yogyaku akan merekomendasikan 10 wisata outbound Jogja yang wajib Anda  kunjungi.

1. Kali Boyong Camp

Sebagai kawasan yang nyaman dan eksklusif, Kali Boyong Camp menawarkan tempat yang cocok untuk wisata outbound Joga bersama keluarga, rekan kerja atau rombongan sekolah. Tempat ini dirancang sebagai wisata outbound dengan trek yang dinamis. Selain outbound, ada juga berbagai fun games dan camp.

Kali Boyong Camp di Sleman menghadap ke Sungai Mboyong dengan latar belakang Gunung Merapi. Udara segar dan alam yang masih asri akan membawa kedamaian dan kenyamanan bagi Anda.

Ilustrasi kegiatan outbound di Kali Boyong camp. Sumber: dejogjaadventure.com
Ilustrasi kegiatan outbound di Kali Boyong camp. Sumber: dejogjaadventure.com

Tempat ini terletak di Jalan Raya Turi KM.3, Pakisaji, Candibinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kali Boyong camp dapat dikunjungi pada hari Senin sampai Kamis dari pukul 08:30 – 17:00, Jumat pukul 09:00 – 17.00, Sabtu pukul 10.30 – 18.30 dan tutup setiap hari Minggu. Jika Anda tertarik untuk pergi ke sini, Anda dapat menghubungi 0859 5629 9963.

2. Jogja Bay Adventure Park

Jogja Bay adalah wisata waterpark terbesar di Indonesia, seluas 7,7 hektar. Ada 19 taman bermain di sini untuk membantu Anda bersantai. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang berkunjung bersama anak-anak dan keluarga. Lokasi outbound Jogja Bay dirancang dengan konsep Amazing Race ala bajak laut yang fantastis.

Tak hanya wahana air, Jogja Bay Adventure Park menghadirkan satu-satunya Pertunjukan Ikon Karakter Jogja Bay di Indonesia. Anda juga bisa mengedukasi diri di sini agar tidak panik saat terjadi gempa atau tsunami. Jadi tidak hanya bersenang-senang dengan kegiatan outbound saja, tetapi Anda juga bisa bermain sambil belajar.

Ilustrasi kegiatan outbound di Jogja Bay Adventure Park. Sumber: psdm.uad.ac.id
Ilustrasi kegiatan outbound di Jogja Bay Adventure Park. Sumber: psdm.uad.ac.id

Jogja Bay Adventure Park berlokasi di Jalan Utara Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi tempat ini dari hari Senin hingga Jumat pukul 09:00 – 17:00 dan dari Sabtu hingga Minggu pukul 08:00 – 17.00. Jika Anda ingin melakukan reservasi, Anda dapat menghubungi (0274) 8722020.

3. Pindul Adventure Park

Goa Pindul memiliki tempat wisata yang bisa dijadikan tempat outbound dengan pemandangan yang indah dan eksotis. Di sini Anda bisa melakukan susur goa dengan ban karet. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri, namun akan lebih menyenangkan jika dilakukan secara berkelompok. Cocok untuk Anda yang ingin jalan-jalan bersama teman dan keluarga.

Jika Anda menyukai aktivitas ekstrim, Anda bisa menaiki cave tube ditemani oleh pemandu dan petugas yang berpengalaman. Anda dapat melompat dari ketinggian tertentu. Di sini Anda dapat memainkan berbagai permainan dan menguji adrenalin Anda.

Ilustrasi kegiatan outbound di Pindul Adventure Park. Sumber: justgola.com
Ilustrasi kegiatan outbound di Pindul Adventure Park. Sumber: justgola.com

Gua Pindul terletak di Jalan Kyai Muhammad AlKhidir, Bejiharjo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00.00. Jika ingin melakukan reservasi bisa menghubungi kontak yang tersedia di 0818 0407 8555

4. Ledok Sambi Outbound Kaliurang

Terletak di utara Jogja yang berpusat di Kali Kuning, Ledok Sambi menawarkan fasilitas outbound yang menarik. Anda bisa bermain flying fox, memanjat jembatan tali dan masih banyak aktivitas seru lainnya. Selain itu, di sini pengunjung dapat menikmati aktivitas hidup berdampingan dengan masyarakat lokal di pedesaan.

Ledok Sambi cukup terbuka bagi Anda yang ingin belajar tentang kehidupan dengan mengamati aktivitas warga sambil tracking menyusiri desa. Di sini Anda akan merasakan segarnya udara di lereng Merapi.Jadi Anda bisa melepas penat dengan outbound dan menikmati segarnya trek Merapi.

Ilustrasi kegiatan outbound di Ledok Sambi. Sumber: eksotisjogja.com
Ilustrasi kegiatan outbound di Ledok Sambi. Sumber: eksotisjogja.com

Beralamat di Jalan Kaliurang KM. 19.2 Pakembinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Ledok Sambi buka setiap hari dari pukul 08:00 – 16:00, Anda dapat menghubungi (0274) 6618896 jika ingin melakukan reservasi.

5. Outbound Banyu Sumilir

Area Sleman memiliki wisata outbound Jogja yang beragam. Salah satunya adalah Outbound Banyu Sumilir, salah satu desa wisata di Sorowulan. Ada berbagai permainan darat, air dan udara di sini dengan konsep fun and fun untuk teman atau keluarga.

kegiatan outbound tidak hanya dirancang untuk menghilangkan penat, tetapi juga untuk mengembangkan pola pikir yang lebih baik. Banyu Sumilir juga cocok untuk keluarga dengan anak kecil. Karena arenanya luas, bisa digunakan untuk anak-anak.

Ilustrasi kegiatan di outbound Banyu Sumilir. Sumber: banyusumilir.com
Ilustrasi kegiatan di outbound Banyu Sumilir. Sumber: banyusumilir.com

Banyu Sumilir berlokasi di Jalan Palagan, Tentara Pelajar Monjali, KM.15.5, Desa Srowolan, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Buka 24 jam setiap hari sehingga Anda dapat berkemah sebelum/sesudah outbound. Untuk informasi dan pemesanan hubungi 087839003054.

6. Pantai Goa Cemara

Pantai ini terkenal tidak hanya pasir dan keindahan lautnya saja. Di Pantai Goa Cemara, Anda bisa menikmati aktivitas outbound di salah satu destinasi wisata terkenal Yogyakarta. Lokasi dekat Parangtritis, pantai Goa Cemara mudah diakses dan berada di kawasan wisata yang sangat ramai.

Pantai Goa Cemara ditumbuhi pohon cemara berbentuk lorong, aktivitas outbound bisa dilakukan dengan banyak cara di sini, berkemah dan mengembangkan permainan seru dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan pemandangan lorong cemara yang unik dan pastinya instagramable.

Ilustrasi kegiatan outbound di Pantai Goa Cemara. Sumber: flipmagz.blogspot.com
Ilustrasi kegiatan outbound di Pantai Goa Cemara. Sumber: flipmagz.blogspot.com

Tempat ini terletak di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Bantul, Yogyakarta. Sama seperti Banyu Sumilir, Pantai Goa Cemara buka 24 jam. Cocok untuk Anda yang ingin berkemah dan bersantai di pantai setelah outbound. Untuk pemesanan hubungi 081211021010.

7. Karangasri Outbound

Terletak di kawasan Agrowisata Kabupaten Sleman, Karangasri Outbound menawarkan berbagai pilihan wisata yang lengkap dan menyenangkan. Tidak hanya wisata outbound saja, ada juga tempat perkemahan, tempat pemancingan, penginapan, bahkan restoran.

Dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi, Karangasri Outbound yang memberikan kesan tempat yang modern, tetap memiliki keindahan alam yang masih asri, dan udara yang segar. Di sini Anda juga bisa belajar beternak sapi, kerbau, dan kambing. Jadi, kamu tidak hanya outbound, tapi Anda juga bisa mengajak keluargamu belajar cara merawat hewan ternak.

Kegiatan di Karangasri Outbound. Sumber: karangasrijogja.wordpress.com
Kegiatan di Karangasri Outbound. Sumber: karangasrijogja.wordpress.com

Karangasri Outbound terletak di Karanggeneng, Purwobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan buka setiap hari dari pukul 08:00 – 16:00. Jika Anda ingin melakukan reservasi silahkan hubungi 081903786463.

8. Kalisuci Cave Tubing

Kalisuci merupakan sungai di Kabupaten Gunungkidul yang bermuara menuju Pantai Baron. Air Sungai Kalisuci sangat jernih karena berasal dari mata air pegunungan yang masih terlindung. Air yang mengalir melalui celah di bebatuan karst menambah keindahan tempat ini.

Tempat wisata di Gunungkidul ini merupakan salah satu spot cave tube terbaik di dunia. Anda dapat menyusuri gelapnya goa dan menikmati pemandangan setelah keluar dari gua. Selain itu, Anda juga bisa merasakan derasnya arus deras Sungai Kalisuci yang menantang.

Kalisuci Cave Tubing terletak di Jetis, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Buka setiap hari dari pukul 08:00 – 16:00, Anda dapat melakukan reservasi dengan menghubungi 081931797178.

9. Hutan Pinus Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo terletak di Bantul yang merupakan wisata yang cocok untuk kegiatan outbound. Tempat ini memiliki ruang terbuka yang sangat menawan dengan pepohonan tinggi yang menjadi pesona selama beraktivitas di hutan pinus ini. Tak heran, banyak turis datang ke sini untuk berfoto.

Hutan Pinus Mangunan adalah tujuan populer bagi pengendara sepeda dan juga dapat dicapai dengan berjalan kaki. Tidak hanya kegiatan outbound, Anda bisa bermain sepeda dan jalan-jalan untuk menghabiskan waktu dan bersantai. Cocok untuk dikunjungi bersama rekan kerja atau keluarga.

Hutan Pinus terletak di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Buka setiap hari dari 08:30 – 17:25, tempat yang tepat untuk istirahat sejenak dari kehidupan sehari-hari.

10. Outbound Seru di Candi Prambanan

Candi Prambanan terkenal dengan legenda sejarahnya dan selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang untuk mengetahui sejarahnya. Ternyata bukan hanya wisata sejarah saja yang bisa Anda lakukan. Candi Prambanan yang memiliki lahan cukup luas ini sering digunakan untuk eksplorasi dan kegiatan outdoor lainnya.

Candi Prambanan terletak di Jalan Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat yang strategis bagi Anda yang berasal dari Solo, Yogyakarta atau Klaten.

Wisata outbound akan menjadi kegiatan seru bersama kerabat dan keluarga. Jadi berdasarkan rekomendasi wisata outbound Jogja, tempat mana yang aka Anda kunjungi?

Dan bagi Anda yang merencanakan wisata ke Joga dan akan menginap di kawasan Kota jogja. Anda wajib mencoba hotel dengan pemandangan alam di Jogja, di jamin akan menambah suasana berwisata lebih asik dan seru.