8 Stasiun Radio Jogja Paling Terkenal, Ada Favorit Sedulur?

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Dikenal sebagai kota pelajar dan kota wisata, Jogja menyimpan begitu banyak pusat hiburan sekaligus edukasi. Salah satunya bisa Sedulur Yogyaku temukan melalui stasiun radio Jogja yang memiliki program-program menarik dan menghibur.

Ya, hingga kini radio masih menjadi media hiburan yang diminati, khususnya di kalangan kawula muda. Selain itu, radio juga kerap dijadikan sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat lewat acara-acara yang disiarkan. 

Nah, di bawah ini adalah beberapa stasiun radio yang paling populer di Jogja, adakah favorit Sedulur Yogyaku?

Daftar Stasiun Radio Jogja Paling Populer

Sebenarnya, ada puluhan stasiun radio yang bisa Sedulur Yogyaku temukan di Jogja. Di mana setiap stasiun radio di Jogja ini memiliki ciri khas tersendiri yang terlihat dari program atau acara yang disiarkan.

Namun, dari sekian banyak pilihan stasiun radio yang ada, beberapa opsi berikut merupakan yang paling populer dengan pendengar terbanyak di Jogja.

1. GCD 98.6 FM

Stasiun radio GCD 98.6 FM, Sumber: gcdfm.com
Stasiun radio GCD 98.6 FM, Sumber: gcdfm.com

Berbincang tentang radio Jogja, tentu Sedulur Yogyaku tidak akan melewatkan stasiun satu ini. Stasiun radio yang terkenal dengan acara-acaranya yang up to date dan selalu menghadirkan lagu-lagu terbaru ini masih menjadi favorit kalangan muda Jogja.

GCD FM juga selalu menyiarkan program yang fresh bersama dengan penyiar-penyiar seru yang akan membuat hari-hari Sedulur Yogyaku lebih menyenangkan, seperti Sita Cecya dan Dn. Berto.

Sementara untuk acara favorit yang bisa Sedulur Yogyaku dengarkan di GCD FM adalah Musik Istirahat Belajar.

  • Alamat: Jln. Kusumanegara No. 222 Yogyakarta 55165
  • Website: gcdfm.com
  • Telepon: 0274-383456

2. Gajahmada 102.4 FM

Stasiun radio Gajahmada 102.4 FM, Sumber: gajahmadafm.co.id
Stasiun radio Gajahmada 102.4 FM, Sumber: gajahmadafm.co.id

Gajahmada FM group yang berpusat di Semarang bisa menjadi pilihan kedua Sedulur Yogyaku yang ingin mendengarkan acara-acara menghibur. Selain menyiarkan playlist musik terbaru, saat siang hari Sedulur Yogyaku juga bisa mendengarkan lagu-lagu dangdut favorit.

Menjelang sore hari, Gajahmada FM memiliki pilihan acara menarik seperti Siraman Rohani Islam. Sementara untuk jam malam, Gajahmada FM memiliki acara Gita Malam yang dipandu oleh Elly Turquoise.

  • Alamat Pusat: Jl. Bukit Puncak II No.7, Bukit Sari, Ngesrep, Banyumanik Semarang 50261
  • Website: gajahmadafm.co.id
  • Telepon: 024-3550088

3. Swaragama 101.7 FM

Saluran radio Swaragama 101.7 FM, Sumber: economy.okezone.com
Saluran radio Swaragama 101.7 FM, Sumber: economy.okezone.com

Swaragama 101.7 FM selalu menjadi pilihan lain bagi kawula muda yang ingin mendengarkan berita dan lagu-lagu terbaru, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. 

Ya, stasiun radio Jogja ini berhasil menghadirkan acara-acara menarik dengan isi yang berbobot dan dikemas dalam siaran yang seru. Siaran yang diadakan 24 jam non-stop ini dikemas dalam format musik “Urban Contemporary Hits Radio” yang siap menemani para academia Jogja! 

  • Alamat: Wisma Kagama Blok G Sleman Yogyakarta 55281
  • Website: –
  • Telepon: 0274-549513

4. Voks Jogja 105.3 FM

Voks Radio Jogja 105.3 FM, Sumber: voksradiojogja.com
Voks Radio Jogja 105.3 FM, Sumber: voksradiojogja.com

Tak kalah populer dengan beberapa stasiun radio Jogja sebelumnya, Voks juga berhasil menarik banyak pendengar melalui acara-acara yang disiarkan.

Beberapa acara favorit yang disiarkan Voks Radio Jogja adalah Business to Business, Rotasi 180 dan Zona Mesin Waktu. Untuk Sedulur Yogyaku yang ingin update lagu-lagu terbaru, Voks Radio juga memiliki tangga lagu yang selalu di-upgrade setiap minggunya.

  • Alamat: Jl. Pandega Sakti No. 8, Sleman 55281
  • Website: voksradiojogja.com
  • Telepon: 0274-888801

5. Retjo Buntung 99.4 FM

Radio Retjo Buntung 99.4 FM, Sumber: retjobuntungfm.com
Radio Retjo Buntung 99.4 FM, Sumber: retjobuntungfm.com

Terdengar cukup unik memang namanya, namun acara-acara yang disiarkan radio Retjo Buntung tidak kalah menarik dan kekinian dibandingkan beberapa stasiun radio sebelumnya.

Salah satu yang paling diminati yakni Gita Remaja. Acara ini mengemas obrolan ringan terkait opini anak muda yang dipadukan dengan pemutaran lagu-lagu terbaru dari berbagai negara.

  • Alamat: Jl. Jagalan – Beji No.36, Purwokinanti, Pakualam, Kota Yogyakarta, DIY 55112
  • Website: retjobuntungfm.com
  • Telepon: – 

6. Radio Jiz 89.5 FM

Stasiun Radio Jiz 89.5 FM, Sumber: 895jizfm.com
Stasiun Radio Jiz 89.5 FM, Sumber: 895jizfm.com

Untuk Sedulur Yogyaku yang membutuhkan teman di pagi hari, radio Jiz FM bisa menjadi partner seru yang siap menemani Sedulur Yogyaku kemana pun dan dalam aktivitas apapun.

Melalui acara Semangat Pagi yang disiarkan setiap jam 06.00-09.00, Sedulur Yogyaku bisa mendengarkan musik-musik terkini dan obrolan ringan yang akan membangkitkan semangat. Kemudian di sore harinya, Radio Jiz memiliki acara Santai Sore dengan format siaran yang tak jauh berbeda.

  • Alamat: Jl. Kesejahteraan Sosial No. 63, Sonosewu Yogyakarta 55182
  • Website: 895jizfm.com
  • Telepon: 0274-374123

7. Radio Geronimo 106.1 FM

Radio Geronimo 106.1 FM, Sumber: geronimo.fm
Radio Geronimo 106.1 FM, Sumber: geronimo.fm

Berdiri sejak tahun 1971, popularitas stasiun radio Jogja satu ini tak perlu diragukan lagi. Eksistensinya yang telah bertahan selama puluhan tahun berhasil membuktikan bahwa setiap acara yang disiarkan Radio Geronimo FM diterima oleh masyarakat Jogja secara luas.

Di sini Sedulur Yogyaku bisa mendapatkan informasi terbaru tentang dunia hiburan, seni budaya dan juga gaya hidup masa kini. Radio ini juga selalu aktif menjadi wadah bagi anak muda yang ingin saling berbagi informasi terbaru.

  • Alamat: Jl. Bung Tarjo (Gayam) No.24, Yogyakarta 55225
  • Website: Geronimo.fm
  • Telepon: 0274-511058

8. UNISI Radio 104.5 FM

UNISI Radio 104.5 FM, Sumber: radioindostream.my.id
UNISI Radio 104.5 FM, Sumber: radioindostream.my.id

Satu lagi rekomendasi stasiun radio Jogja yang menghadirkan acara musik terbaik, UNISI Radio. Sedulur Yogyaku bisa update lagu-lagu terbaru yang masuk dalam UNISI Playlist. Di mana playlist lagu ini akan diperbarui setiap minggu.

Tak hanya itu, berbagai informasi penting dari Indonesia dan mancanegara juga bisa Sedulur Yogyaku dapatkan dengan streaming UNISI Radio. 

  • Alamat: Jl. Demangan Baru No.24, Yogyakarta 55281
  • Website: –
  • Telepon: –

Itu dia beberapa stasiun radio Jogja yang paling populer. Dengan acara-acara menarik yang disiarkan, Sedulur Yogyaku bukan hanya bisa menikmati hiburan berupa lagu-lagu terbaru, tetapi juga informasi terkini yang up to date!

Jika Sedulur Yogyaku sedang berada di Jogja, tak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa stasiun radio di atas untuk mendapatkan pengalaman seru. 

Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi beberapa tempat ikonik di Jogja, seperti Sumbu Kosmologis Yogyakarta dan Teras Malioboro untuk berburu kuliner ataupun oleh-oleh khas di Malioboro. Yuk muter-muter Jogja!