Hutan Mangrove Kulon Progo, Surga Tersembunyi yang Mempesona

Photo of author

Ditulis oleh Oktarina Putri

Seseorang yang tertarik dengan dunia parenting. Saat ini sedang bekerja sebagai penulis lepas di Zeka Digital. Memiliki hobi merajut yang dikerjakan di sela-sela waktu luang sebagai ibu rumah tangga dengan satu anak balita.

Sedang mengagendakan liburan di Jogja bersama dengan keluarga tercinta? Nah, Sedulur Yogyaku bisa menjadikan Hutan Mangrove Kulon Progo sebagai salah satu destinasi wisata yang dikunjungi. Terlebih, ketika wisata alam hendak dijadikan highlight liburan.

Memang, jika dibandingkan Kota Yogyakarta, Gunung Kidul atau bahkan Bantul, Kulon Progo cenderung kurang dikenal sebagai destinasi wisata. Padahal, jika ditelaah lebih jauh, ada cukup banyak destinasi wisata mengesankan yang ada di daerah penghasil geblek ini.

Penasaran bagaimana daya tarik dan eksotisme Hutan Mangrove Kulon Progo? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Hutan Mangrove Kulon Progo

Sekilas tentang Hutan Mangrove Kulon Progo, Sumber: ugm.ac.id
Sekilas tentang Hutan Mangrove Kulon Progo, Sumber: ugm.ac.id

Tidak dimungkiri bahwa pembangunan bandara YIA membuat Kulon Progo lebih dikenal luas. Terlebih, bandara baru berskala internasional ini juga menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Namun, sebenarnya, Kulon Progo memiliki banyak destinasi wisata istimewa yang tak kalah dari daerah lainnya. Hutan Mangrove Kulon Progo tentu masuk menjadi salah satu opsi terbaiknya.

Memang, hutan mangrove yang ada di daerah Kulon Progo ini bukan satu-satunya hutan bakau yang ada di Jogja. Hanya saja, hutan mangrove ini cenderung lebih luas dengan akses masuk yang lebih luas sehingga wisatawan dengan mudah bisa berkeliling di sekitarnya.

Apa yang menarik dari Hutan Mangrove Kulon Progo ini adalah banyaknya pohon bakau yang tumbuh dan menghijau. Sejauh mata memandang, ada area hijau yang cukup luas dan meneduhkan pandangan.

Memang, hutan bakau ini sengaja dibuat sebagai konservasi untuk mencegah terjadinya abrasi. Pembangunan dilakukan sejak tahun 1989 dan hutan bakau bertahan hingga akhirnya dikelola pemerintah setempat sebagai destinasi wisata alternatif saat ini.

Di tempat ini, Sedulur Yogyaku tidak hanya bisa menikmati keindahan hutan bakau yang menghijau. Ada beberapa spot menarik yang sengaja disediakan untuk membuat liburan bersama keluarga di tempat ini menjadi lebih berkesan.

Daya Tarik di Hutan Mangrove Kulon Progo

Pesona Hutan Mangrove, Sumber: koran-jakarta.com
Pesona Hutan Mangrove, Sumber: koran-jakarta.com

Dengan keindahannya, Hutan Mangrove ini kerap dijadikan opsi wisata Instagramable di Jogja terutama bagi pengunjung yang ingin hunting foto. Bahkan, tidak jarang jika lokasi hutan ini menjadi tempat untuk foto post wedding bagi pengantin baru.

Tidak hanya itu, salah satu hutan bakau di Jogja ini pun memiliki cukup banyak daya tarik yang menjadi alasan kenapa banyak pengunjung yang meramaikan lokasi ini. Beberapa hal yang menjadi daya tarik Hutan Mangrove Kulon Progo diantaranya:

1. Jembatan Api-Api

Salah satu daya tarik hutan bakau yang ada di Kulon Progo adalah jembatan api-api. Hanya saja, Sedulur Yogyaku tidak perlu membayangkan adanya jembatan yang penuh dengan api. Ya, hal ini karena api-api hanya penamaan saja.

Ketika memasuki wilayah hutan mangrove, jembatan ini langsung menyambut para pengunjung. Dibuat dengan bahan dasar bambu, jembatan ini terlihat begitu unik dan ikonik.

Dari atas jembatan, para pengunjung bisa menikmati keindahan hutan bakau yang luas dan hijau. Tidak hanya itu, jika datang di sore hari, Sedulur Yogyaku pun bisa menikmati sunset yang indah dari atas jembatan.

2. Perahu Boat

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo dekat dengan kawasan pantai dan memiliki area rawa yang cukup luas. Nah, pengelola setempat menyediakan perahu boat bagi para pengunjung.

Dengan menggunakan perahu ini, Sedulur Yogyaku bisa berkeliling di sekitar lokasi hutan mangrove. Tentu saja, selain memacu adrenalin, berkeliling dengan perahu tentu akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan.

Hanya saja, Sedulur Yogyaku bisa jadi harus bersabar dan antre. Pasalnya, fasilitas perahu ini memang menjadi daya tarik tersendiri dan banyak pengunjung yang ingin mencobanya.

3. Goa Mangrove

Hal lain yang menjadi daya tarik kawasan hutan mangrove yang ada di Kulon Progo adalah Goa Mangrove. Ini adalah sebuah goa yang cukup eksotis dan masih sangat asri dengan rerumputan dan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Tidak hanya itu, rute untuk menuju ke Goa Mangrove pun sudah tersedia. Sedulur Yogyaku tidak perlu khawatir akan tersesat saat berjalan menuju ke tempat ini. Serta, pemandangan yang menakjubkan bisa menjadi latar foto yang istimewa.

Beberapa hal di atas adalah apa yang menarik dan bisa dinikmati ketika berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo. Selain beberapa daya tarik di atas, tentu saja hutan bakau ini masih memiliki berbagai spot menarik lainnya.

Sedulur Yogyaku bisa berkeliling lokasi hutan bakau dan menemukan banyaknya spot foto yang istimewa. Misalnya saja, ada titian segitiga dengan gardu pandang yang ada di sampingnya. Juga, ada bingkai asmara yang cocok untuk berfoto bagi pengantin baru.

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo dan Rute Menuju

Hutan Mangrove Kulon Progo berlokasi di Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta 55654. Lokasinya memang cukup jauh jika ditempuh dari Kota Yogyakarta.

Hanya saja, dengan kondisi jalan yang sudah bagus, berkunjung ke daerah Kulon Progo ini cenderung mudah dan juga menyenangkan. Terlebih, jika Sedulur Yogyaku berkunjung bersama keluarga tercinta.

Nah, jika Sedulur Yogyaku berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, pilih jalan menuju arah Jalan Wates. Ikuti jalan utama hingga sampai Patung Nyi Ageng Serang. Nantinya, pilih jalan yang menuju ke arah Purworejo.

Setelah itu, ikuti jalan lurus hingga sampai ke Terminal Wates, Dari terminal ini, lanjutkan perjalanan sekitar 10 kilometer melewati Rumah Makan Padang Murah Meriah. Nantinya, Sedulur Yogyaku akan menemukan pertigaan berbentuk Y.

Pilih jalur kiri dan lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jembatan Congot. Selanjutnya, belok ke barat dan hutan mangrove sudah terlihat setelah jarak 100 meter saja.

Rekomendasi Destinasi Wisata Lain selain Hutan Mangrove

Jika Sedulur Yogyaku ingin explore daerah Kulon Progo, ada beberapa destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah:

1. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo, Sumber: kulonprogokab.go.id
Kebun Teh Nglinggo, Sumber: kulonprogokab.go.id

Kebun Teh Nglinggo merupakan destinasi wisata istimewa di Kulon Progo. Memiliki kebun teh yang luas, lokasi ini menawarkan keindahan yang mengesankan dan juga suasana yang menyejukkan.

Tidak hanya itu, Kebun Teh Nglinggo juga memiliki fasilitas yang lengkap. Ada fasilitas off-road serta trekking yang akan menguji adrenalin para pengunjung.

2. Kalibiru

Kalibiru, Sumber: tiket.com
Kalibiru, Sumber: tiket.com

Berwisata ke Kulon Progo tidak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Kalibiru. Ya, destinasi wisata ini memang sudah menjadi ikon dan kerap dijadikan destinasi wisata utama untuk dikunjungi.

Apa yang menarik dari destinasi wisata ini adalah pemandangan yang begitu mengesankan. Dari atas spot, Sedulur Yogyaku bisa melihat keindahan Waduk Sermo serta hamparan hutan hijau yang memanjakan mata.

3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo, Sumber: kulonprogokab.go.id
Puncak Suroloyo, Sumber: kulonprogokab.go.id

Jika mencari destinasi wisata alam yang menakjubkan, Puncak Suroloyo adalah destinasi yang tepat. Bukit dengan tinggi sekitar 1017 mdpl ini juga bisa dijadikan spot mendaki bagi para pendaki pemula.

Nah, dari atas bukit, Sedulur Yogyaku bisa menikmati pemandangan yang begitu menakjubkan. Ada gugusan gunung mulai dari Merapi, Merbabu, Sumbing dan juga Sindoro yang bisa dinikmati dengan mata telanjang!

Demikian beberapa ulasan tentang Hutan Mangrove Kulon Progo dan rekomendasi destinasi wisata menarik lainnya. Dapatkan informasi unik seputar Jogja dan destinasi wisata liburan lainnya hanya di laman Yogyaku!

Tinggalkan komentar