Bisnis Food Truck, Ide Usaha yang Lagi Tren di Kalangan Anak Muda

Photo of author

Ditulis oleh Nurul Hidayani

Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Bisnis food truck bisa dikatakan sebagai bisnis yang unik dan masih jarang di Indonesia. Bisnis makanan ini beroperasi dengan memanfaatkan kendaraan bergerak atau minivan yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat difungsikan sebagai dapur mini. 

Karena tidak menyewa bangunan permanen untuk berjualan, pemilik usaha food truck lebih leluasa memindah usahanya sesuai kebutuhan. Selain itu, modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai bisnis food truck pun tidak begitu besar sehingga cocok bagi kalangan anak muda. 

Lantas bagaimana potensi usaha food truck saat ini? Pelajari selengkapnya di sini.

Peluang Bisnis Food Truck, Apakah Masih Menguntungkan?

Bisnis food truck, Sumber: truck1.id
Bisnis food truck, Sumber: truck1.id

Bisnis kuliner seperti food truck saat ini masih menjadi bisnis yang potensial, mengingat minat masyarakat terhadap kuliner cenderung tinggi. Dengan konsep bisnis kuliner yang unik dan menarik, bisnis food truck menawarkan sesuatu yang berbeda dari bisnis kuliner lainnya. 

Konsepnya dapat menyajikan makanan di dalam kendaraan sehingga mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen. Namun bukan itu saja yang membuat usaha food truck cukup potensial di masa kini. Apa yang membuat bisnis kuliner ini memiliki peluang yang luas? Berikut beberapa diantaranya:

1. Tren Kuliner Terbilang Dinamis

Indonesia kaya akan variasi kuliner dengan tren kuliner yang terus berkembang. Usaha food truck mampu merespon tren ini sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

2. Banyaknya Event di Kota-kota Besar

Event-event di kota besar seperti pameran, konser, bazaar, festival dan acara lainnya merupakan peluang yang bagus bagi bisnis kuliner seperti food truck. 

Sedulur Yogyaku bisa bekerja sama dengan penyelenggara event agar bisa menjadi salah satu vendor makanannya.

3. Gaya Hidup Masyarakat yang Mengutamakan Kepraktisan

Saat ini masyarakat urban cenderung menjunjung nilai kepraktisan dalam memilih makanan. Food truck mampu memenuhi kebutuhan tersebut karena proses penyajian yang cepat tanpa mengurangi citarasa makanan. 

Selain itu, konsep food truck yang berbeda dari kuliner lain seperti bisnis angkringan modern membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

4. Kuliner yang Unik Bikin Penasaran Konsumen

Generasi muda Indonesia gemar mencoba hal baru, termasuk kuliner yang unik seperti food truck. Dengan menyajikan menu baru yang berbeda dari bisnis lainnya, Sedulur Yogyaku bisa menarik perhatian para generasi muda ini untuk mencoba menu yang ditawarkan.

5. Biaya Operasional Rendah

Salah satu alasan bisnis food truck memiliki peluang yang besar adalah biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan bisnis kafe atau restoran. 

Sedulur Yogyaku tak perlu menyewa ruko atau mempersiapkan tempat permanen untuk berjualan yang membutuhkan modal usaha besar. Cukup gunakan minivan yang sudah dimodifikasi dan bisnis siap dijalankan.

6. Lokasi Fleksibel

Usaha food truck memiliki keuntungan dari segi mobilitas dan fleksibilitas lokasi. Sedulur Yogyaku dapat berpindah-pindah lokasi sesuai kebutuhan. 

Misalnya, di pagi hari bisa berjualan di sekitar area perkantoran atau kampus. Sementara di malam hari bisa berjualan di sekitar pusat hiburan atau pasar malam.

Inspirasi Bisnis Food Truck yang Berpotensi Laris

Ada banyak inspirasi ide memulai bisnis food truck. Terlebih, bisnis ini belum banyak saingannya dan memiliki pasar yang luas. 

Dengan memilih ide food truck yang unik dan berbeda dari yang lain, Sedulur Yogyaku bisa lebih cepat menarik perhatian konsumen. Berikut ini beberapa inspirasi ide food truck yang bisa dicoba:

1. Food Truck Makanan Khas Lokal

Food truck makanan lokal, Sumber: nibble.id
Food truck makanan lokal, Sumber: nibble.id

Ide pertama yang bisa Sedulur Yogyaku coba adalah food truck makanan khas lokal daerah tertentu. Menu makanan yang disajikan cukup spesifik sehingga sulit ditemukan di tempat lain. 

Ini bisa menjadi peluang yang potensial mengingat cukup banyak pecinta kuliner yang mencari pengalaman wisata kuliner unik dan berbeda.

2. Food Truck Makanan Internasional

Food truck kebab, Sumber: roaminghunger.com
Food truck kebab, Sumber: roaminghunger.com

Tawarkan makanan internasional seperti kebab, sushi, tacos, pasta hingga makanan khas Korea. Dengan begitu Sedulur Yogyaku dapat menarik berbagai kalangan pelanggan yang potensial dan penasaran dengan makanan internasional.

3. Food Truck Makanan Cepat Saji

Food truck khusus makanan cepat saji, Sumber: fwtx.com
Food truck khusus makanan cepat saji, Sumber: fwtx.com

Food truck makanan cepat bisa saja berupa makanan internasional seperti burger, pizza, pancake atau hot dog. Tapi tak jarang juga makanan lokal seperti ayam goreng hingga rice bowl dengan menu lokal. 

Contohnya seperti bisnis rice bowl sei ayam atau sei sapi yang sudah banyak sekarang bisa menjadi opsi menu di food truck.

4. Food Truck Es Krim

Food truck ice cream, Sumber: brightspotcdn.com
Food truck ice cream, Sumber: brightspotcdn.com

Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat es krim menjadi salah satu menu food truck yang cocok dijual di musim panas. Hidangan yang satu ini disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Sedulur Yogyaku dapat menawarkan menu es krim dengan tema tertentu sehingga banyak orang akan tertarik.

5. Food Truck Kedai Kopi

Food truck kedai kopi, Sumber: perfectdailygrind.com
Food truck kedai kopi, Sumber: perfectdailygrind.com

Sedulur Yogyaku dapat turut bersaing di dunia bisnis kedai kopi dengan memperkenalkan food truck kedai kopi. Tawarkan sesuatu yang unik seperti layanan food truck yang menarik dan menu kopi inovatif sehingga pelanggan ketagihan. 

Ada beberapa menu kopi yang bisa dicoba seperti kopi susu, kopi hitam dan kopi kekinian lainnya. Selain menawarkan minuman kopi, Sedulur Yogyaku juga dapat menambahkan menu minuman lainnya seperti jus buah, smoothie atau es teh seperti bisnis es teh jumbo yang menjamur saat ini.

6. Food Truck Makanan Diet Khusus

Food truck makanan diet, Sumber: kffhealthnews.org
Food truck makanan diet, Sumber: kffhealthnews.org

Menu makanan diet khusus seperti diet vegan, vegetarian atau bebas gluten juga bisa menjadi ide menu food truck. 

Makanan ini memang tidak untuk semua orang, namun dengan menu yang spesifik tidak menutup Sedulur Yogyaku mendapatkan pelanggan yang spesifik juga.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa bisnis food truck masih memiliki potensi yang cukup besar saat ini. 

Menu makanan yang unik dengan proses penyajian cepat membuat bisnis ini mudah dilirik oleh orang-orang yang ingin serba cepat. Kenali potensinya dan pilih menu makanan yang memiliki keunikan tersendiri untuk menarik perhatian pelanggan. Selamat mencoba!