8 Ide Bisnis untuk Mahasiswa di Jogja, Bisa Disambi Kuliah!

Photo of author

Ditulis oleh Nurul Hidayani

Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Menjalani hidup sebagai mahasiswa di Jogja tidak melulu tentang mengejar ilmu di bangku kuliah. Di mana ketrampilan dan skill juga bisa Sedulur Yogyaku dapatkan dengan merintis bisnis. Ya, sejumlah ide bisnis untuk mahasiswa ini bisa menjadi batu loncatan bagi Sedulur Yogyaku untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Contohnya seperti pendiri Facebook dan Microsoft yang sudah mengembangkan bisnisnya ini sejak masih di bangku kuliah. Artinya, berbekal ide bisnis sederhana yang bisa dilakukan oleh kalangan mahasiswa, Sedulur Yogyaku pun bisa mencapai kesuksesan besar.

Jika Sedulur Yogyaku tengah mencari ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa disambi kuliah tetapi bisa memberikan penghasilan yang lumayan dan berpotensi besar, berikut kami jabarkan.     

Ide Bisnis Anak Kuliahan di Jogja

Ide usaha ini sudah banyak diimplementasikan para mahasiswa di Jogja. Sehingga dapat dipastikan memiliki permintaan yang cukup tinggi agar menghasilkan banyak omzet. 

1. Jasa di Bidang Akademik

Jasa les privat, Sumber: lbbcendikia.com
Jasa les privat, Sumber: lbbcendikia.com

Bagi mahasiswa dengan kemampuan akademik yang bagus bisa membuka jasa penulisan, editing, hingga bimbingan belajar sesuai bidang yang dikuasai. Untuk jasa penulisan atau editing, Sedulur Yogyaku bisa bekerja sama dengan perusahaan publishing, agensi penulisan, atau menawarkan langsung kepada perusahaan yang sekiranya membutuhkan jasa tersebut.

Jika memiliki keahlian yang baik di bidang eksakta, seperti matematika, fisika, kimia, atau biologi, menawarkan jasa les privat bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Permintaan untuk les tambahan di mata pelajaran ini memang cukup tinggi, terutama di kalangan siswa SMA yang mempersiapkan ujian atau masuk perguruan tinggi.

2. Bisnis Pariwisata

Jasa tour guide, Sumber: goindonesiatourism.com
Jasa tour guide, Sumber: goindonesiatourism.com

Jogja dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Tentu saja ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan dengan menyediakan layanan jasa yang terkait sektor hospitality, travel, dan oleh-oleh.

Salah satunya ialah menjadi pemandu wisata yang merancang paket tour menarik untuk wisatawan. Alternatif lainnya termasuk membuka penyewaan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil, serta menjual oleh-oleh khas Jogja secara online.

3. Bisnis di Bidang Skill Multimedia

Jasa fotografi, Sumber: googleusercontent.com
Jasa fotografi, Sumber: googleusercontent.com

Jika Sedulur Yogyaku memiliki keterampilan di bidang multimedia, mulailah untuk menjadi freelance fotografi, videografi, hingga desain ilustrasi. Jika terdapat ekstrakurikuler atau UKM Multimedia di kampus, bergabunglah untuk mendapatkan relasi dan menawarkan sistem bagi hasil dari studio yang disewa.

Alternatif lainnya, Sedulur Yogyaku bisa bergabung dengan Event Organizer. Kunci kelancaran usaha di bidang ini adalah melebarkan pergaulan yang sehobi sehingga cepat dikenal dan mendapatkan tawaran job

4. Bisnis Buket

Bisnis buket, Sumber: promediateknologi.id
Bisnis buket, Sumber: promediateknologi.id

Ide bisnis untuk mahasiswa ini biasanya digeluti oleh perempuan, terutama saat musim wisuda. Setiap universitas memiliki jadwal wisuda yang berbeda. Dalam setahun, wisuda dilaksanakan hingga empat kali. Artinya, bisnis ini menawarkan peluang yang cukup besar. 

Selain saat wisuda, pesanan buket juga sering datang saat ada mahasiswa yang seminar. Hadirkan variasi buket untuk menjangkau banyak pelanggan. Selain bunga segar, tawarkan buket bunga artifisial, buket snack, buket uang, dan kreasi unik lainnya. 

5. Jualan Kebutuhan Fashion

Bisnis hijab, Sumber: blueraycargo.id
Bisnis hijab, Sumber: blueraycargo.id

Masa kuliah adalah usia di mana kalangan muda ini tengah mencari jati diri dan seringkali mengembangkan gaya pribadi mereka. Manfaatkan peluang ini dengan menawarkan produk fashion yang banyak dibutuhkan mahasiswa perempuan khususnya, seperti kerudung, baju, hingga kaus kaki.

Khusus tahun ajaran baru, Sedulur Yogyaku bisa melirik ide bisnis open pre order jaket, kaos beserta merch. Tidak perlu modal banyak, cukup siapkan kemampuan membuat desain yang stylish dan mencari penjahit untuk dijadikan partner.

6. Katering Hingga Menu Kekinian

Peluang bisnis food truck, Sumber: googleusercontent.com
Bisnis food truck, Sumber: googleusercontent.com

Bisnis kuliner selalu memiliki potensi pasar yang besar, termasuk di kalangan mahasiswa. Yang paling sederhana namun banyak dibutuhkan ialah catering. Tidak perlu harus jago masak, karena Sedulur Yogyaku bisa berkolaborasi dengan jasa catering. 

Dalam bisnis ini Sedulur Yogyaku berperan mengatur pemasaran, pesanan, dan mengantar orderan. 

Selain itu, Sedulur Yogyaku juga bisa mencoba bergelut di bidang kuliner kekinian seperti bisnis food truck atau bisnis angkringan modern. Keduanya menawarkan fleksibilitas untuk berpindah tempat guna meraih banyak pelanggan, serta kreatif untuk menarik minat mahasiswa yang suka berkumpul.

7. Jasa Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu, Sumber: bukuwarung.com
Bisnis cuci sepatu, Sumber: bukuwarung.com

Sepatu merupakan salah satu barang utama untuk bepergian ke kampus. Tak jarang mahasiswa mengoleksi beberapa merek sepatu favoritnya. Tentunya, mereka membutuhkan perawatan khusus untuk setiap koleksinya tersebut.

Nah, peluang ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis karena tidak membutuhkan modal banyak. Sedulur Yogyaku bisa belajar mencuci sepatu melalui YouTube dan mempraktikkan terlebih dahulu pada sepatu milik pribadi.

Hal terpenting dari usaha ini perihal before-after cleaning yang bersih dan harum. Setelah itu, packing dengan rapi menggunakan plastik bermerek jasa cuci sepatu Sedulur Yogyaku. Sehinga,  pelanggan merasa puas dengan hasilnya.

8. Bidang Digital Marketing

Jasa admin media sosial, Sumber: kitalulus.com
Jasa admin media sosial, Sumber: kitalulus.com

Digital marketing menjadi salah satu keahlian yang banyak diperlukan saat ini. Sedulur Yogyaku tidak perlu menjadi seorang ahli digital marketer untuk memulai bisnis di bidang ini. Ada berbagai peluang yang dapat dicoba, seperti menjadi admin media sosial, konten kreator, atau affiliator.

Sebagai admin media sosial, Sedulur Yogyaku bisa membantu solopreneur dalam mengelola dan memposting konten secara efektif. Untuk konten kreator atau affiliate bisa dimulai dengan membuat konten seru dan unik di media sosial secara konsisten untuk mendapatkan tawaran kerja sama brand maupun komisi.

Manapun yang dipilih, geluti dengan sungguh-sungguh sebagai bentuk investasi yang menguntungkan di masa depan. Tetapi, ada satu lagi ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dicoba, yakni bisnis tanaman hias. Bisnis ini tergolong minim modal dan cepat balik modal.

Yuk segera mulai rencanakan usaha yang dipilih, dan semoga lancar!